(ISC)2 CISSP Certified Information Systems Security Professional Official Study Guide

(ISC)2 CISSP Certified Information Systems Security Professional Official Study Guide

Ekonomi Jelaskan bagaimana sumber daya alam bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi​

Jelaskan bagaimana sumber daya alam bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi​

Jawaban:

Sumber Daya Alam sendiri terdiri dari Sumber Daya Alam hayati dan non hayati. Maksud sumber daya alam hayati adalah semua makhluk hidup, seperti tumbuhan, hewan, dan mikroba yang ada di muka bumi ini. Pemanfaatan tumbuhan oleh manusia, diantaranya: bahan makanan (padi, sagu, gandum, tebu), bahan bangunan (jati, mahoni), bahan bakar (kelapa sawit, jarak), dan obat (jahe, kina, kunir).

Peran Sumber Daya Alam Non Hayati sebagai berikut:

1. Sumber Daya Alam Bahan Tambang

Keberadaan bahan tambang di Indonesia sangat banyak bahkan sampai diperebutkan oleh masyarakat dunia. Daya tarik Indonesia tidak hanya pada sektor pertanian saja, tetapi bahan tambang menjadi salah satu daya potensi yang ada di Indonesia. Barang tambang di Indonesia banyak dikelola oleh perusahaan asing. Barang tambang Indonesia terdapat di darat dan laut. Perlu kamu ketahui pengelolaan barang tambang itu sendiri memerlukan modal yang banyak, tenaga ahli, dan teknologi yang tinggi. Peranan bahan tambang bagi pembangunan ekonomi adalah sebagai bahan dasar infrastruktur maupun sumber energi transportasi.

2. Air

Air merupakan salah satu kebutuhan utama makhluk hidup. Di samping itu bumi yang kita tempati juga di dominasi oleh wilayah perairan. Seiring dengan pertumbuhan penduduk kebutuhan akan air, baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, maupun energi terus meningkat. Air memegang peranan penting bagi bagian kehidupan manusia yang lain yaitu sebagai sarana transportasi. Di daerah-daerah pedalaman Kalimantan transportasi air masih sangat diandalkan.

Penjelasan:

Semoga membantu

[answer.2.content]